Senin, 01 Juni 2009

Tilik Buku Lawas: Sejarah Kesustraan Melayu Klasik


(cover Buku)

(cover Belakang)

Tilik Buku
Sejarah Kesustraan Melayu Klasik 1
Liaw Yock Fang



banyak sekali mahasiswa sastra kependidikan maupun keilmuan yang mencari buku ini. boleh dikata buku ini adalah buku babon kesustraan melayu klasik. buku ini (kalau tidak salah ada 2 jilid). Indonesis sepertinya tidak memedulikan buku ini. sebaliknya Negara Singapura masih saja mendokumentasikannya bahkan mempublikasikannya di Internet. buku dalam edisi bhs Indonesia ini diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Erlangga Jakarta yang dimiliki oleh Gunawan Hutauruk. edisi aslinya terbit sekitar tahun 1975ndi Singapura.


Dr Liaw yang lahir pada tahun 1936 di Singapura ini adalah dosen bahasa dan kesustraan indonesia/ melayu di Universitas nasional Singapura dari tahun 1960 s.d 1965. Pada tahun 1965 ia juga merampungkan kuliahnya untuk mendapat gelar kesarjanaan sastranya di fakultas sastra Universitas Indonesia. setelah itu ia melanjutkan studinya lagi di Leiden rampung tahun 1971.
Buku ini menjadi rujukan standar bagi akademisi yang ingin memperdalam masalah sastra melayu, melayu klasik dan sastra Indonesia Klasik.
Sulit nyari buku ini di perpustakaan kampus ? Tentu saja. Bagi perpus yang memiliki banyak stock atau sering memperbaharui buku-buku yang hilang, pasti buku seperti ini masih mudah ditemukan. Namun jika masih tetap saja sulit ditemukan ? apa penyebabnya ?
Salah satunya:
Dengan alasan melanjutkan studi, alasan mengejar deadline pembuatan artikel di jurnal kampus, ada salah satu oknum dosen biasanya dengan RINGAN TANGAN membawa buku-buku klasik dari perpus. ini kebiasaan dulu. entah saat ini. anda mungkin takjub mengapa para dosen memiliki koleksi pustaka yang banyak ? ya salah satunya kan ngambil dari rak-rak Perpustakaan Fakultas atau perpustakaan Induk Universitas/Kampus.

Tidak ada komentar: